Teori Vgotsky menekankan pada pembelajaran sosiokultural. Inti dari teori Vygotsky iaitu penekanan pada interaksi pembelajaran antara aspek internal dan aspek eksternal pada lingkungan sosial. Menurut teori Vygotsky, fungsi kognitif berasal dari interaksi sosial masing-masing individu dalam konsep budaya.
Zon perkembangan proximal ( ZPD ) ialah istilah Vygotsky untuk tugas-tugas yang terlalu sulit untuk dikuasai sendiri oleh anak-anak, tetapi yang dapat dikuasai dengan bimbingan dan bantuan dari orang-orang dewasa atau anak-anak yang lebih terampil. Teori kontrukivis sosial dibangun berdasarkan pengembangan yang dibuat oleh Lev Vygotsky. Vygotsky menekankan pada lingkungan sosial yang ikut membantu perkembangan seorang anak. Bagi Vygotsky, budaya sangat berpengaruh sekali dalam membentuk strutur kognitif anak. Yang membantu perkembangan anak bukan hanya guru, tetapi jaga anak-anak yang lebih dewasa. Vygotsky mengemukakan konsep mengenai Zon Perkembangan Proksimal
Terdapat empat prinsip dasar dalam penerapan teori Vygotsky iaitu belajar dan berkembang adalah aktiviti sosial dan kolaboratif, seorang yang lebih dewasa dapat menjadi pemandu dalam menyusun kurikulum dan pelajaran , pembelajaran disekolah harus dalam konteks yang bermakna, tidak boleh dipisahkan dari pengetahuan anak-anak yang dibangun dalam dunia nyata mereka dan pengalaman anak diluar sekolah harus dihubungkan dengan pengalaman mereka di sekolah.
Zon perkembangan proximal ( ZPD ) ialah istilah Vygotsky untuk tugas-tugas yang terlalu sulit untuk dikuasai sendiri oleh anak-anak, tetapi yang dapat dikuasai dengan bimbingan dan bantuan dari orang-orang dewasa atau anak-anak yang lebih terampil. Teori kontrukivis sosial dibangun berdasarkan pengembangan yang dibuat oleh Lev Vygotsky. Vygotsky menekankan pada lingkungan sosial yang ikut membantu perkembangan seorang anak. Bagi Vygotsky, budaya sangat berpengaruh sekali dalam membentuk strutur kognitif anak. Yang membantu perkembangan anak bukan hanya guru, tetapi jaga anak-anak yang lebih dewasa. Vygotsky mengemukakan konsep mengenai Zon Perkembangan Proksimal
Terdapat empat prinsip dasar dalam penerapan teori Vygotsky iaitu belajar dan berkembang adalah aktiviti sosial dan kolaboratif, seorang yang lebih dewasa dapat menjadi pemandu dalam menyusun kurikulum dan pelajaran , pembelajaran disekolah harus dalam konteks yang bermakna, tidak boleh dipisahkan dari pengetahuan anak-anak yang dibangun dalam dunia nyata mereka dan pengalaman anak diluar sekolah harus dihubungkan dengan pengalaman mereka di sekolah.
No comments:
Post a Comment